Bercerita di TED, Storytelling With Data

TED atau Technology, Entertainment and Design (ted.com) adalah sebuah platform presentasi ajang adu gagasan, dimana setiap presenter memberikan presentasi singkat 18 menit menyampaikan gagasan-gagaasan baru dalam bidang kreatif, bisnis dan kehidupan.

TED merupakan organisasi non profit yang secara sukses mengumpulkan tokoh-tokoh dunia yang inspiratif dimana mereka berpresentasi menyampaikan berbagai ide dengan berbagai bidang atau latar belakang.

Apa yang membuat TED begitu populer sehingga panggungnya ditonon 1,5 kali kali perhari, dan saat ini lebih dari satu milyar orang menonton video presentasinya?

 

Presenter TED dipersiapan untuk menyampaikan sesuatu dengan engaging, selain berbicara dengan penuh percaya diri dan persuasif, rata-rata pembicara TED terampil menggunakan struktur cerita untuk membuat audience-nya terpaku, lalu mengapa melalui Cerita?
Disaimping bahwa cerita itu hangat, menggugah, inspiratif dan kreatif–Presentasi dengan gaya bercerita tidak memberi kesan menggurui, ini membantu gagasan tersebut mudah diterima orang lain.

Apalagi bila presenter cerdas memainkan emosi penontonnya dengan memasukkan banyak elemen msiteri dalam plot ceritanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *