“Pemborosan sebesar rata-rata 20%  pada setiap organisasi dikontribusikan dari kegiatan-kegiatan yang tidak bernilai tambah”  –Prof. Michael Hammer

Organisasi anda adalah kumpulan proses, dan proses-proses ini adalah kegiatan alami bisnis yang dilakukan setiap hari untuk mengasilkan nilai, melayani pelanggan dan menghasilkan uang. Namun disayangkan bahwa masih banyak organisasi (barangkali juga organisasi anda), yang tidak megelola proses dengan semestinya tetapi hanya sebatas menangani aktifitas.

Proses dan manfaat manajemen Proses

Proses yang adalah kegiatan yang merubah masukan menjadi keluaran seringkali tidak tergambar dengan baik di perusahaan, sehingga pekerja (professionals) kurang memahami keseluruhan proses yang ada pada perusahaan. Padahal dengan memahami keseluruhan proses dapat meningkatan rasa memiliki proses-proses tersebut. Manfaat lain dengan memahami keseluruhan proses adalah mempermudah melakukan perbaikan melalui process-based corrective and preventive actions.

Organisasi yang telah memiliki Peta Proses rinci dapat menggunakanya sebagai acuan dalam.

  1. Mencari akar masalah bisnis
  2. Mengenali aktivitas yang tidak memberi nilai tambah
  3. Meningkatkan mutu produk/jasa
  4. Menetapkan Key Performance Indicators
  5. Menulis SOP dan Job Profiles
  6. Menerapkan ERP

memperbaiki proses dan mereka saya ulang proses yang tidak efektif.

Program Objectives:

Pelatihan ini memperlengkapi peserta dengan ketrampilan dan pemahaman akan proses, manfaat proses, process management, business process management (systems),

Program Outlines:

  1. Pemahaman akan Process
  2. Difinisi dan istilah dalam Process
  3. Process management ala ISO 9001:2015
  4. Memetakan Process sebuah organisasi
  5. Membuat High-level map, Middle (Context diagram dan micro level)
  6. Process Procedure sebagai Micro level BPM
  7. Menganalisa Process
  8. Membuat Process Profile
  9. Merekayasa Process
  10. Menentukan Critical Success Factors
  11. Menetapkan Process Sensitivity
  12. Merancang To-be Process Profiles
  13. Process sebagai fundamental document dalam menerapkan Enterprise Resource Planning (ERP),
  14. Process sebagai bahan dasar menyusun Key Performance Indicator an Service Level Guarantee

Methods: Diskusi dan latihan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *