Generative-AI Storytelling Using Midjourney, ChatGPT

Di era digital ini, perkembangan teknologi telah membuka berbagai peluang dan tantangan baru bagi para seniman dan pengembang kecerdasan buatan. Melalui program pelatihan ini, kami ingin memperkenalkan kepada Anda konsep dan teknik yang dapat menggabungkan dua disiplin tersebut secara harmonis.
Dalam program ini, Anda akan memperoleh pemahaman yang mendalam tentang kecerdasan buatan dan penerapannya dalam konteks seni menggambar. Anda akan diajarkan tentang berbagai algoritma, model, dan teknologi yang digunakan dalam pengembangan kecerdasan buatan. Selain itu, Anda akan mempelajari berbagai teknik menggambar yang dapat diterapkan dalam rangka menciptakan karya seni yang unik dan menarik.
Selama pelatihan ini, Anda akan diberikan kesempatan untuk belajar secara praktis melalui rangkaian latihan dan proyek-proyek yang dirancang khusus. Anda akan diberikan panduan langkah demi langkah dalam menggabungkan kecerdasan buatan dengan teknik menggambar, serta diberikan waktu untuk bereksperimen dan menghasilkan karya-karya orisinal Anda sendiri.
Tidak hanya itu, program pelatihan ini juga akan memberikan kesempatan untuk berkolaborasi dengan para peserta lainnya. Anda akan ditempatkan dalam tim-tim kecil untuk bekerja bersama dalam menghadapi tantangan dan memecahkan masalah. Kolaborasi ini akan membuka peluang untuk memperluas jaringan Anda, berbagi pengetahuan, dan memperoleh wawasan baru dari berbagai perspektif.
Kami percaya bahwa program pelatihan ini akan memberikan manfaat yang substansial bagi peserta. Selain meningkatkan keterampilan dalam menggambar dan kecerdasan buatan, Anda akan merasakan pertumbuhan pribadi dan profesional yang signifikan. Anda akan melihat betapa kuatnya perpaduan antara seni dan teknologi, dan bagaimana penggabungan tersebut dapat menciptakan karya-karya yang luar biasa dan berdampak positif dalam masyarakat.
Program Outlines
- Pengantar disain, tipografi, warna, elemen gafis,
- Psikologi gambar
- Meningkatkan kreativitas dan imajinasi
- Peran kecerdasan buatan dalam seni dan desain
- Studi kasus penggunaan kecerdasan buatan dalam seni menggambar
- Pengenalan konsep-konsep dasar kecerdasan buatan
- Penggunaan algoritma dalam membuat garis, bentuk, dan tekstur
- Analisis data visual untuk menghasilkan karya yang unik
- Penerapan kecerdasan buatan dalam menghasilkan ilustrasi dan lukisan digital
- Pemanfaatan Chatbots dalam Karya Seni (2)
- Penggunaan chatbots sebagai katalisator kreativitas dalam seni menggambar
- Membangun interaksi antara pengguna dan karya seni menggunakan kecerdasan buatan (2)
- Menciptakan karya seni dinamis dengan input dari pengguna
- Proyek Kolaboratif: Membuat Karya Seni Interaktif (2)
- Pembagian peserta menjadi tim kolaboratif
- Mengerjakan proyek karya seni interaktif dengan menggunakan kecerdasan buatan (2)
- Presentasi hasil proyek dan umpan balik antar tim
- Penggunaan kecerdasan buatan dalam otomatisasi pengeditan video
- Penerapan teknik pengeditan cerdas, seperti penghapusan objek atau perbaikan gambar
- Menerapkan algoritma kecerdasan buatan untuk pengaturan warna, kontras, dan efek visual
- Peserta bekerja secara mandiri atau dalam tim, Menerapkan semua pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh selama pelatihan (2)
- Presentasi karya seni inovatif kepada seluruh peserta (2)
- Evaluasi pelatihan dan rencana aksi (tugas untuk setiap peserta, dikerjakan 1 minggu, dipantau melaui WAG), hasil akhir diserahkan ke Panitia
Tanda (2) dilaksanakan di hari ke-2.
Methods: | 30% Pemaparan 70% praktik |
Workshop outfit: | Workhosop outfit dalam tas |
Program duration | 12 hari |
Number of part. | 20 orang |
Methods | Lokakarya |
Requirements | Peserta menggunakan komputer dan menginstal Discord |
Facilitators/Trainers | Earlando Ady Subagya Tommy Tulaar |